Replace Review Album : Whitechapel - Our Endless War (2014)

Sunday, May 11, 2014

Review Album : Whitechapel - Our Endless War (2014)


Tracklist : 
1. Rise
2. Our Endless War
3. The Saw Is The Law
4. Mono
5. Let Me Burn
6. Worship The Digital Age
7. How Times Have Changed
8. Psycopathy
9. Blacked Out
10. Diggs Road
11. A Process So Familiar (Bonus Track)
12. Fall of The Hypocrites 

"Our Endless War" yang merupakan album kelima dari pionir deathcore asal Amerika Serikat, Whitechapel, sedang menjadi perbincangan hangat bagi para metalheads dunia. Pasalnya, album yang dirilis pada 29 April lalu ini berhasil menempati posisi 10 di chart Billboard 200 dan berhasil mengalahkan album Shakira yang berada di nomor 12. Di minggu pertama penjualannya, album rilisan Metal Blade Records itu berhasil menjual lebih dari 16.000 kopi. Memang merupakan sebuah pencapaian yang luar biasa bagi band underground sekelas Whitechapel.

Berbeda dari album-album sebelumnya, pada "Our Endless War", Whitechapel berhasil slow down dari segi tempo seperti pada lagu "The Saw Is The Law", namun masih terdapat beberapa lagu 'ngebut' yang berhasil mereka hadirkan dengan komposisi yang lebih fresh seperti pada lagu "Blacked Out", "Fall of The Hypocrites", dll. Jika pada album-album sebelumnya Whitechapel kental dengan unsur technical-nya, "Our Endless War" hadir dengan elemen hardcore yang lebih dominan dan breakdown yang lebih variatif dan groovy seperti pada lagu yang berjudul "Our Endless War" pula. Phil Bozeman cs mampu mengembangkan musik mereka dengan menyuntikan sesuatu yang baru, namun mereka juga berhasil mempertahankan identitas asli mereka. Breakdown dan vokal Phil Bozeman yang rendah dan menyeramkan bagaikan monster itu masih menjadi ciri khas band asal Tennesse tersebut. Selain itu, riff gitar pada album ini juga lebih unik dan sadis seperti pada "Psycopathy". Salah satu yang menarik dari album ini adalah Ben Harclerode sang drummer yang mampu menghadirkan banyak teknik gospel chops yang membuat album semakin menarik dan segar untuk dinikmati. Jika pada album "Whitechapel" (self-titled) yang dirilis pada 2012 lalu mereka banyak mengusung unsur progressive, yaitu odd time signature, "Our Endless War" jauh lebih sederhana dan lebih groovy. Dari segi lirik, album ini banyak banyak bercerita tentang kritik pemerintahan dan kritik sosial.

Album ini sangat cocok untuk kalian yang menyukai genre metal-hardcore seperti Hatebreed dan Earth Crisis, cocok untuk para pecinta deathcore karena banyak terdapat breakdown-breakdown groovy yang headbang-able, dan juga cocok untuk para pendengar musik death metal karena Whitechapel masih mampu merpertahankan unsur technical-nya.

No comments:

Post a Comment