Replace SxE

Sunday, April 7, 2013

SxE




Entah mengapa, di Minggu pagi ini saya ingin membuat sebuah tulisan tentang Straight Edge. Sebuah pergerakan atau bisa disebut juga gaya hidup sehat dengan tidak merokok, tidak menggunakan narkoba, tidak meminum minuman beralkohol, dan tidak melakukan free sex. Sebelumnya, saya akan mengutip sejarah terbentuknya pergerakan tersebut dari Wikipedia :

“Straight Edge adalah sebuah lagu dari band Minor Threat yang bisa diartikan sebagai “gerakan yang lurus”. Lagu ini hanya berdurasi 46 detik dan terdiri dari 2 bait lirik.
Lirik utamanya adalah bagaimana band ini menghadapi berbagai penyalahgunaan narkoba dan lirik pada bait kedua adalah bahwa bagaimana mereka tidak memaksakan menggunakan narkoba.
Pegerekan straight edge yang telah diikuti oleh beberapa orang sebenarnya tidak disangka oleh vokalis Minor Threat, Ian MacKaye. Ia menyatakan bahwa dia tidak bertujuan untuk membuatnya menjadi sebuah gerakan.
Simbol tiga X (xXx) digunakan sebagai simbol dari gerakan ini yang berasal dari hasil karya seni dari drummer Minor Threat yaitu Jeff Nelson yang mengganti tiga bintang dalam bendera Washington DC kampung halamannya menjadi tiga huruf X. Istilah ini kadang-kadang dipendekkan dengan mencantumkan X dengan kependekan istilah dari straight edge menjadi “SxE”. Dengan analogi, hardcore punk kadang-kadang dipendekkan menjadi “HxC”.”

Sebenarnya, saya pun tidak begitu mengerti apa arti sebenarnya dari kata straight edge dan bagaimana gerakan tersebut dapat muncul. Tapi menurut pengertian saya, straight edge adalah sebuah gaya hidup sehat dimana filosofi dari gaya hidup tersebut adalah bagaimana agar kita dapat tetap hidup sehat di lingkungan yang ‘kurang sehat’. Dalam arti lain, kita harus menjaga diri kita agar tetap sehat dengan tidak merokok, tidak meminum minuman beralkohol, tidak menggunakan narkoba, dan tidak melakukan seks bebas walaupun kita hidup dan bergaul di lingkungan yang akrab dengan hal-hal tersebut.

Bagi saya, makna straight edge itu luas. Bukan hanya tidak merokok, tidak meminum minuman beralkohol, tidak menggunakan narkoba, dan tidak melakukan seks bebas, melainkan kita juga harus menjaga hubungan baik antar sesama manusia di suatu pergaulan dengan menghormati keputusan teman-teman kita di lingkungan tersebut. Straight edge itu adalah sebuah pilihan. Sama dengan mereka yang memilih untuk merusak kesehatannya dengan rokok, alkohol, narkotika, free sex, dan lain-lain. Straight edge adalah sebuah gaya hidup yang bersifat personal dan tidak memaksakan. Intinya adalah jika kita dapat menjaga kesehatan kita dengan baik, dan dapat mengajak teman-teman kita untuk menjadi orang yang menjaga kesehatannya dengan baik pula, itu adalah poin plus untuk diri kita. Namun, jika teman-teman kita tersebut menolak untuk sehat dan kita memaksa mereka untuk sehat, itu adalah poin minus untuk diri kita. Maka dari itu, seperti yang saya bilang tadi, straight edge itu sifatnya personal.

Saya adalah seorang straight edge, namun saya tidak merasa cukup puas dengan ‘peraturan-peraturan’ yang menjadi syarat untuk menjadi seorang straight edge. Bukan hanya menjaga kesehatan jasmani, menjaga kesehatan rohani dan menjaga hubungan sosial yang baik dengan teman-teman disekitar lingkungan kita juga dibutuhkan untuk seorang straight edge sejati.

Kalimat “Straight Edge” kini mulai marak di kalangan remaja di Indonesia. Ada sebuah brand clothing remaja yang mengusung tema straight edge untuk beberapa produknya. Dan menurut saya ini merupakan keputusan yang baik oleh brand clothing tersebut. Berkat mereka kalimat “Straight Edge” sudah dikenal oleh generasi muda di Indonesia. Namun yang membuat saya prihatin, kalimat tersebut saat ini hanya menjadi sebuah tren fashion semata. Saya melihat banyak remaja yang merokok atau meminum minuman beralkohol dengan mengenakan kaos/jaket bertuliskan “Straight Edge”.

Ya mudah-mudahan perjuangan para pencetus pergerakan straight edge pada awal era terbentuknya gaya hidup tersebut dapat dimanfaatkan oleh generasi muda di Indonesia dan dunia untuk menjaga kesehatan mereka demi berlangsungnya masa depan mereka yang cerah dan membanggakan.
Amiiiiiiiiin….

No comments:

Post a Comment