Replace Tips Jurnalistik dari Danie Satrio, Editor In Chief Hai Magazine

Sunday, November 9, 2014

Tips Jurnalistik dari Danie Satrio, Editor In Chief Hai Magazine


Bagi Anda yang tertarik dengan dunia jurnalistik, ada kabar bagus. Pasalnya ada tips dari Editor In Chief majalah Hai, Danie Satrio.
"Gue selalu bilang sama anak-anak [tim editorial Hai], kalo lo jadi wartawan, lo harus norak. Dalam artian, lo harus selalu bertanya 'kenapa sih begini? kenapa sih begitu?'. Kalo orang norak kan nanya mulu, atau kepo lah istilahnya."
Beliau pun menambahkan bahwa jika kita 'kepo' pun tetap tidak boleh asal bertanya.
"Lo harus punya preferensi karena yang namanya wartawan kan harus tau banyak. Nanti dari situ lo akan bisa dapet 'note for news'. Jadi sebelum peristiwa terjadi, lo udah tau bahwa itu akan jadi berita."
 Dari segi finansial, beliau juga menjelaskan bagaimana prospeknya.
"Lo jangan melihat jurnalis itu sebagai pekerjaan yang menjanjikan, tapi menghidupkan. Hidup. Nyatanya gue hidup kan? Tapi gimana orang menjalankan hidup itu kan beda-beda ya. Ada yang memang pengen jadi orang kaya. Yang jelas gue gak akan bilang bahwa jurnalis itu bisa jadi kaya. Nggak. Nggak bisa dihitung pake duit. Tapi secara pengalaman hidup, lo punya chance yang lebih besar untuk bisa jadi lebih 'kaya' daripada orang lain karena lo bisa ketemu banyak orang dan berada di dalam berbagai macam situasi. Lo bisa belajar apapun. Seperti kata founder-nya Kompas, Jakob Oetama 'Menjadi jurnalis adalah panggilan'. Kalo lo nggak terpanggil untuk jadi seorang wartawan ya akan susah 'keep up' dengan kehidupan sebagai jurnalis."
Beliau sendiri bergabung dengan Hai sebagai reporter musik pada tahun 1999 dan sejak 2008 dipercaya untuk menjabat sebagai Editor In Chief.

Baca juga
Bagaimana Danie Satrio Bergabung Dengan Hai Hingga Menjabat Editor In Chief? Ini Kisahnya
Konsep Regenerasi di Hai Day 2014 Menurut Danie Satrio

No comments:

Post a Comment